LPM IPMAFA Ikuti Boot Camp Penyusunan KPT OBE Mengacu Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023


Yogyakarta, 13–15 Agustus 2025
– Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) turut berpartisipasi dalam kegiatan Boot Camp Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) berbasis Outcome Based Education (OBE) yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD-PGMI) Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di University Hotel, Jl. Anggrek No.137D, Sambelegi Kidul, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengusung tema “Boot Camp Penyusunan KPT OBE Tahun 2024 Mengacu Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023”, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan Program Studi PGMI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Boot camp ini bertujuan memperkuat kompetensi dosen dan pengelola prodi dalam merancang kurikulum yang visioner, relevan, serta sesuai dengan perkembangan regulasi pendidikan tinggi terbaru.

Adapun tujuan utama kegiatan meliputi:

  1. Merumuskan visi keilmuan, misi, tujuan, dan strategi Prodi PGMI yang visioner, realistis, dan sejalan dengan VMTS masing-masing Unit Pengelola Program Studi (UPPS).

  2. Menghasilkan kurikulum PGMI berbasis OBE yang mengacu pada Permendikbudristek No.53/2023, Buku Panduan Penyusunan KPT 2024, Standar Profil dan Kompetensi Lulusan, Body of Knowledge, serta Mata Kuliah Inti Prodi PGMI yang ditetapkan PD-PGMI Indonesia.

  3. Menyusun kurikulum PGMI yang sesuai visi keilmuan dan tujuan program studi, serta VMTS masing-masing UPPS.

  4. Menghasilkan kurikulum dengan kekhasan sesuai karakteristik dan nilai-nilai universitas (university values) masing-masing perguruan tinggi.

  5. Menyelaraskan kurikulum PGMI dengan Instrumen Akreditasi LAMDIK versi terbaru (2.0).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Tim Pengembang Kurikulum Pengurus Pusat PD-PGMI Indonesia yang memiliki pengalaman luas dalam perancangan kurikulum pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Melalui boot camp ini, diharapkan seluruh peserta mampu membawa pulang rumusan kurikulum yang siap diimplementasikan, selaras dengan tuntutan regulasi dan kebutuhan pasar kerja pendidikan dasar Islam.

Partisipasi LPM IPMAFA dalam kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk memastikan mutu kurikulum PGMI IPMAFA senantiasa adaptif, unggul, dan berdaya saing, sekaligus memperkuat komitmen IPMAFA dalam mencetak guru madrasah ibtidaiyah yang kompeten, profesional, dan berakhlak mulia.

0 Comments